Prinsip Kerja dan Contoh Penggunaan Dioda Varactor

Prinsip Kerja dan Contoh Penggunaan Dioda Varactor

Severitorres –┬áDioda varactor adalah dioda yang memiliki nilai kapasitas seperti kapasitor. Nilai kapasitas jenis dioda ini dapat dimodifikasi dengan menyesuaikan tegangan polarisasi ke terminal dioda. Aturan penerapan tegangan polarisasi pada jenis dioda ini berlawanan, yang berarti bahwa tegangan polarisasi diterapkan pada katoda.

Nilai kapasitas dioda akan meningkat jika tegangan polarisasi turun dan menurun jika ketegangan polarisasi meningkat. Sebaliknya, nilai kapasitas diode akan nol pada tegangan operasi maksimumnya.

Dioda varactor juga disebut varicap (variabel kapasitas). Dikutip di Wikipedia, dioda ini diproduksi untuk pertama kalinya pada Juni 1961 oleh Pacific Semiconductor, yang merupakan bagian dari Ramo Wooldridge Corporation, yang menerima paten untuk penemuannya. Nama Varicap adalah merek dagang terdaftar dari TRW Semiconductors, penerus semikonduktor Pasifik pada Oktober 1967.

Varactor sering digunakan dalam sirkuit yang beroperasi pada frekuensi tinggi, seperti penerima radio, televisi dan ponsel. Dalam aplikasinya, dioda ini memainkan peran penting dalam penguat dan osilator RF. Misalnya, dalam sirkuit osilator tegangan (VCO) dan osilator dengan frekuensi variabel (VFO). Dengan demikian, dioda ini juga banyak digunakan dalam sirkuit osilator PLL (fase loop osilator) dan filter RF (filter frekuensi radio).

Simbol dioda varactor diwakili oleh seri yang terhubung secara seri dengan kapasitor di sisi katoda. Deskripsi simbol yang benar adalah bahwa cakar anoda dan katoda tidak terhubung secara langsung tetapi dipisahkan oleh dua pelat kapasitor.

Dioda varactor memiliki berbagai bentuk fisik. Beberapa dalam bentuk kotak seperti dua transistor berkaki, yang lain memiliki bentuk dioda biasa dan yang lain masih memiliki bentuk komponen SMD. Dalam aplikasi tuner FM dan AM, ada bentuk kemasan yang dilakukan berpasangan, artinya ada dua dioda dalam satu kasus. Ini mempertahankan linearitas kapasitas antara kedua dioda.

Prinsip Kerja Dioda Varactor

Dioda varactor umumnya terbuat dari bahan semikonduktor silikon. Pola persimpangan PN dalam dioda dirancang khusus untuk memiliki sifat kapasitif saat terpolarisasi. Model refraksi dioda ini mirip dengan dioda zener. Perubahan kapasitas dioda digunakan dalam aplikasi penyesuaian.

Dalam penggunaan, terminal anoda terhubung ke sumber tegangan negatif dan terminal katoda terhubung ke tegangan positif. Varactor akan bekerja ketika ada perbedaan potensial antara dua terminal yang melebihi batas ketegangan dioda.

Ketika dioda bekerja, wilayah Delpesi di persimpangan PN akan diperpanjang. Semakin tinggi ketegangan terbalik, semakin besar wilayah pemiskinan. Dan ini adalah perubahan kapasitas dalam varactor. Ketika wilayah pemiskinan melebar, kapasitas berkurang dan ketika daerah pemiskinan dipersempit, nilai kapasitas dioda meningkat.

Penggunaan Dioda Varactor

Jenis dioda ini banyak digunakan dalam perangkat elektronik yang menggunakan sistem komunikasi frekuensi tinggi seperti radio dan televisi. Dioda ini terutama digunakan dalam sirkuit tuner, yaitu sirkuit penguat RF dan osilator.

Dengan penggunaannya, frekuensi kerja amplifier RF dan osilator dapat dikontrol oleh ketegangan. Sistem ini disebut VCO (osilator yang dikendalikan tegangan). Sistem ini memungkinkan kita untuk mengubah saluran di TV dengan hanya menekan tombol remote control.

Dioda varactor menggunakan persimpangan PN yang berlawanan dan terstruktur sehingga kapasitas dioda bervariasi dengan tegangan yang berlawanan. Kapasitas tegangan berguna untuk aplikasi penyesuaian.

Dioda varactor menggunakan persimpangan PN yang berlawanan dan memiliki struktur yang menjadi kapasitas dioda dengan nilai yang bervariasi dengan tegangan berlawanan yang diterapkan. Kapasitas tegangan berguna untuk aplikasi penyesuaian elektronik. Kapasitas dikendalikan oleh metode doping di lapisan pelangsing. Nilai saat ini dari kapasitas varactor adalah dari urutan PF (picofarads).

Referensi: https://www.kelasplc.com/