Beragam Makanan yang Mengandung vitamin B12

Jangan Pernah Lupa Penuhi Kandungan B12, Risikonya Bisa Menggemukkan!

Tubuh membutuhkan suplai vitamin B12 yang antara lain berperan dalam pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan kesehatan sistem saraf. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Padahal, ada makanan yang diketahui mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Kebutuhan seseorang akan vitamin B12 dapat bervariasi sesuai usia. Salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung jenis vitamin ini dipadukan dengan pola hidup sehat, maka dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang mengandung vitamin B12

Ada beragam makanan yang secara alami mengandung vitamin B12 yang baik untuk dikonsumsi, antara lain:

Makanan dari laut

Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah seafood yaitu seafood. Ada berbagai jenis kerang yang bisa dikonsumsi seperti remis, kepiting, salmon dan sarden, serta tuna.

 

Daging sapi

Selain kerang, Anda juga bisa mengonsumsi daging sapi yang kaya akan vitamin B12. Selain itu, daging sapi juga mengandung zat besi dan protein. Meski mengandung banyak nutrisi, sebaiknya hindari makan daging sapi terlalu banyak. Ini karena makanan ini dapat meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Ayam

Selain daging sapi, Anda juga bisa mendapatkan vitamin B12 dari daging ayam. Cobalah makan dada ayam panggang secara teratur. Selain vitamin B12, makanan ini juga tinggi protein yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

 

Susu

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh, Anda bisa mencoba susu rendah lemak. Selain memenuhi kebutuhan vitamin B12, konsumsi susu rendah lemak secara rutin juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D tubuh.

 

Yoghurt

Makanan lain yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah yoghurt. Selain itu, yogurt juga tinggi kalsium, magnesium, dan protein yang dapat membantu mencegah diabetes dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Kandungan probiotik pada yogurt juga baik untuk pencernaan.

 

Telur

Telur memang terkenal sebagai sumber protein, namun bukti menunjukkan bahwa telur juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B12. Selain itu, konsumsi telur secara rutin juga dapat memastikan penyerapan vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kekuatan tulang.

Sayuran

Sumber vitamin B12 banyak terdapat pada daging, susu dan telur. Tapi Anda juga bisa mendapatkannya dari sayuran.

Tentu saja, seorang vegetarian tidak bisa mendapatkan vitamin ini dari sumber hewani. Meski sedikit, ternyata memang ada sayuran yang mengandung vitamin B12 tinggi. Sayuran yang mengandung vitamin B12 antara lain bayam, rumput laut, kubis dan lobak.

Makanan lain

Vitamin B12 juga terdapat pada makanan lain, seperti jamur dan tempe. Sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B12. Karena kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kelelahan, kesemutan, gangguan pada sistem saraf, penglihatan kabur, anemia, depresi bahkan demensia.

Manfaat dan bahaya kekurangan vitamin B12

Selain membantu dalam pembentukan sel darah merah dan sistem saraf, vitamin B12 juga berperan sebagai penyintesis DNA dan sumber energi bagi tubuh. Agar fungsi ini bekerja maksimal, Anda perlu mengonsumsi sekitar 2,4 mikrogram vitamin ini setiap hari.

Bayi berusia tujuh hingga dua belas bulan hanya membutuhkan 0,5 mikrogram per hari. Anak-anak berusia antara 4 dan 8 tahun sekarang hanya membutuhkan 1,2 mikrogram per hari. Jika vitamin ini tidak mencukupi, dapat menyebabkan anemia dan gangguan saraf. Karakternya adalah:

  • Saraf rusak
  • Mengalami kelelahan
  • Kesemutan di kaki dan tangan
  • Mengalami mati rasa
  • Mengalami ¬†kelemahan
  • Hilang penglihatan
  • Mengalami demam
  • Berkeringat banyak
  • Mengalami kesulitan berjalan
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit lidah